Haloooo

"Selamat datang di blog yang tidak penting tapi boleh dikunjungi. Blog ini merupakan tempat berbagi apa yang saya ketahui dan apa yang anda ketahui."

Minggu, 05 Juni 2011

Dampak Negatif dari Organisasi Bagi Siswa dan Solusinya.

Mungkin kalian sering mendengar dampak positif dari suatu organisasi bagi siswa, tapi jarang mendengarkna mengenai dampak negatifnya. Berikut ini dampak negatifnya menurut saya... Dari keseharian teman-teman yang gila karena organisasi.



Dampak Negatif

Organisasi tidak selalu berbuah manis bagi anggotanya. Bahkan, jika anggota dalam suatu organisasi tersebut tidak dapat mengatur waktu dengan baik, maka organisasi tersebut malah akan membuahkan dampak yang buruk bagi anggotanya. Misalnya jika seorang siswa terlalu fokus dalam organisasi maka waktu belajarnya akan berkurang, atau bahkan ia mengalami banyak kesulitan dalam masalah pelajaran. Atau sebaliknya, jika ia salah satu anggota suatu organisasi tapi ia tidak fokus terhadap organisasinya tersebut maka ia akan mendapat pandangan yang buruk olehteman-teman berorganisasinya. Bahkan tidak hanya di sekolah, organisasi juga dapat menyita waktu seseorang, sehingga terkadang mereka harus merelakan waktu untuk belaja, bermain, atau berkumpul dengan keluarga hanya karena keperluan berorganisasinya.
Selain masalah di atas, terkadang organisasi juga membutuhkan dana. Misalnya dalam pembelian seragam, atribut, dll. 

Solusi Menghindari Dampak Negatif Organisasi
Masalah umum dalam berorganisasi adalah pembagian waktu. Oleh karena itu, seorang siswa haruslah pandai-pandai mengatur waktunya seoptimal mungkin. Misalnya, mereka harus memanfaatkan waktu luang mereka jika di sekolah banyak waktu mereka dihabiskan dalam berorganisasi. Oleh karena itu, sebagai seorang siswa, mereka harus meluangkan banyajk waktu untuk belajar sehingga mereka tidak akan ketinggalan pelajaran.
Masalah yang kedua, terkadang walaupun mereka termasuk dalam suatu organisasi tertentu, namun mereka hanyalah menginginkan jabatan semata atau sejenis gelar yang dapat dibangga-banggakan tetapi mereka tidak bertanggung jawab atas organisasi mereka, bahkan akan menghasilkan kinerja dan prestasi yang buruk dalam organisasi mereka. Oleh karena itu, orang-orang yang terpilih dalam suatu organisasi haruslah memiliki kemauan dan tanggung jawab yang besar agar dapat memajukan organisasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar